Operasi Dasar Komputer

JENIS-JENIS PORT I/ O (Input/ Output) YANG TERDAPAT PADA CONSOLE/ SYSTEM UNIT

Port I/ O merupakan Port atau Gerbang atau tempat dipasangnya suatu konektor dari peralatan I/ O. Yaitu setiap port I/ O dibawah kontrol dari Processor. Sebelum kita mengenal dan mengoperasikan komputer terkait bagaimana cara mematikan dan menghidupkan komputer, perlu kita ketahui terlebih dahulu perangkat apa saja yang perlu kita kenali, berikut ini adalah jenis-jenis port yang pastinya ini perlu dipasang ketika akan menjalankan komputer. Jenis- jenis dari port I/ O adalah:
  1. Port Parallel (LPT1 atau LPT2) (LPT=Line Print Terminal)
    Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara parallel. Parallel ini memiliki sebuah lubang port yang terdiri dari 25 pin yang dapat digunakan untuk menghubungkan joystik, scanner, printer, dsb. Namun, semua ini sepertinya akan mulai tergantikan seiring kemajuan teknologi dengan adanya kepraktisan dari USB port.

  2. Port Serial
    Merupakan port bagian peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah: Printer, Scanner, dsb. Port ini terdiri dari 9 pin dan biasanya digunakan untuk menghubungkan modem eksternal yang sama-sama menggunakan port serial. Untuk komputer generasi terbaru mulai ditiadakan dan diganti oleh USB 3.0. Sebetulnya banyak sebab dihilangkannya serial ini, salah satu diantaranya para pengembang alat elektronik lebih senang menggunakan USB yang terbukti universal, dan cepat.

  3. Port PS/2 (Personal System/2)
    Masih suka melihat port yang satu ini? Ya, salah satu jenis port klasik yang umumnya digunakan untuk memasukan dari keyboard dan mouse. Port ini memiliki bentuk konektor bulat dengan banyak pin. Namun seiring berkembangnya teknologi saat ini, keyboard maupun mouse sudah mulai banyak beralih ke Port USB.

  4. Port USB (Universal Serial Bus)
    Yes, ini adalah USB Port, yaitu port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Port ini berhasil memberikan perbaikan dari jenis port klasik lainnya, seperti port parallel, port serial, port ps/2, dsb. Contoh peralatan yang menggunakan USB port ini diantaranya: USB Flash Disk, Camera Digital, Kabel Data Smartphone, Card Reader, Mouse/ Keyboard jenis baru, dsb.

    Perlu diketahui, terdapat perbedaan kecepatan pengiriman data yang bisa mempengaruhi teknologi USB. Sampai saat ini, USB paling terakhir yakni versi 3.1 gen 2 kecepatan transfer data USB versi ini sekitar 10 Gbps dengan max power output 20V, 5A. Untuk kedepannya akan hadir USB 4, diperkirakan kecepatan 3 sampai 4 kali USB 3.1. dengan angka mencapai 30 sampai 40 Gbps. Nantinya kemampuan usb 4 akan dapat dimanfaatkan untuk pekerjaan yang membutuhkan kecepatan data tinggi contohnya agar dapat menghubungkan 2 monitor 4K secara sekaligus.

  5. Port VGA (Video Graphic Array)
    Yaitu port yang berhubungan langsung dengan monitor, port VGA ini didapatkan dari pemasangan VGA Card. Colokan ini menghubungkan monitor dengan motherboard dan membuat monitor menampilkan seluruh proses CPU. VGA juga yang mengatur penampilan kualitas gambar.Ada dua lokasi colokan VGA, pertama yang terintegrasi dengan motherboard (jika motherboard mengandung memory ram video), yang kedua pada kartu memory video eksternal. Seiring berkembangnya teknologi digital, colokan ini akan diganti oleh Displayport dan HDMI, namun untuk saat ini VGA masih digemari banyak konsumen.

  6. Port Audio
    Merupakan port untuk mentransmisikan suara yang dihasilkan dari perangkat komputer yang berhubungan langsung dengan eralatan audio eksternal seperti speaker, ataupun headphone, microphone, dsb.   

  7. Port InfraRed
    Port infraRed atau infra merah saat ini sudah jarang ditemui pada komputer. Meskipun fungsinya untuk mengkoneksikan perangkat wireless dengan komputer, namun karena banyak perangkat wireless sudah menyertakan inframerah (dalam bentuk USB) di paket penjualannya, maka penggunaan port infra merah sudah jarang digunakan.

  8. Port LAN (Local Area Network)
    Merupakan port yang dimiliki oleh salah satu perangkat keras jaringan komputer, yaitu Ethernet atau LAN Card. Sesuai dengan namanya, LAN (local area network), merupakan colokan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang terpisah dalam satu ruangan. Dengan adanya LAN mengilhami timbulnya teknologi internet berbasis kabel. Nama bekennya, Ethernet. Versi luas dari LAN yakni MAN (metropolitan area network).

  9. Display Port
    Pertama kali dikembangkan oleh Asosiasi Standar Elektronik (VESA), displayport khusus dibuat untuk konsumen komputer PC, menggantikan konektor VGA yang telah dianggap usang. Diluncurkan sejak 2008 silam, konektor ini telah memiliki banyak versi, paling akhir yakni versi 1.4, dimana mampu menampilkan resolusi super besar yakni 7680 x 4320 atau setara dengan 8K dengan kecepatan transfer data 4,6GB/s.

    Umumnya, konektor ini melekat pada PC keluaran terbaru, yang mampu menampilkan gambar lebih dari satu monitor . Dan memang, komputer seperti ini diperuntukan bagi seorang designer grafis, programer yang membutuhkan tampilan visual terbaik.

  10. DVI Port (Digital Visual Interface)
    Digital Visual Interface atau DVI mulai dikembangkan sekitar tahun 1999 dan mulai tergeser oleh kemunculan HDMI. DVI dirancang untuk mengirim sinyal digital tanpa dipadatkan. Ada tiga jenis DVI, pertama DVI-D untuk mengirim digital saja (video), DVI-A untuk audio saja, dan DVI-I untuk keduanya.Colokan ini masih digunakan untuk menampilkan video dengan resolusi besar pada peralatan elektronik model lama. Namun, cepat atau lambat, colokan ini akan dihilangkan seiring pengembanan HDMI.

  11. HDMI Port (High Definition Multimedia Interface)
    HDMI merupakan port pengembangan dari kartu grafik atau kartu VGA. Sesuai dengan namanya High Definition Multimedia Interface (HDMI), colokan ini diperuntukan bagi monitor yang dapat menampilkan kulitas display HD. Biasanya colokan ini digunakan pada monitor HD, proyektor HD.

    HDMI yang banyak digunakan saat ini yakni versi 1.4, dimana telah mendukung 24 bit unkompress audio sampai 192 Khz, dan resolusi maksimum 4092 x 2160 atau 4K/Ultara HD. Pertahun 2017 HDMI versi 2.1 mendukung 4K 120Hz, 8K 120Hz. Disebut Ultra High Speed HDMI sementara pengembangan samppai 48Gbit/s. Diperuntukan desain kabel barau. Tayangan maksimum 10K 120Hz, HDR Dinamis.

  12. Port Power Source
    Jangan lupakan port yang satu ini. Tanpa adanya port power source ini, maka komputer sekeren apapun tidak akan bisa berfungsi. Colokan ini digunakan untuk menghubungkan listrik PLN dengan CPU. Biasanya power supply memiliki daya antara 450 watt hingga 500 watt. Dengan demikian Port power source bertugas untuk memberikan asupan listrik bagi komputer agar bisa menyala.

  13. Memory Card (MS/MS Pro/MMC SD/SDHC/SDXC)
    Seiring maraknya penggunaan kamera digital dan smartphone untuk mengabadikan foto/ gambar, maka komputer keluaran terbaru biasanya telah dilengkapi dengan colokan untuk memory card atau Flash Card. Biasanya kebanyakan laptop ataupun Desktop PC All In One dilengkapi interface ini.

    Fungsinya hampir sama seperti Flash Disk, namun bentuknya yang relative lebih kecil seperti chip, dengan ukuran seperti kartu sim, membuat memory jenis ini banyak diproduksi sebagai pelengkap smartphone.


    Preview materi:




Download Materi => Silahkan Download

REFERENCES

https://www.teknomuslim.com/
https://blog.unnes.ac.id/
http://bradware.blogspot.com
https://dosenit.com/
https://www.4muda.com/
https://tekno.kompas.com/
https://obengplus.com/
https://starchau.blogspot.com/


Comments

Popular posts from this blog

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Jargon Daarut Tauhiid