Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer


A.    PROSEDUR MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER

Oke temen - temen ikhwah fillah yang dirahmati Allah. Proses mengaktifkan dan mematikan komputer harus dilakukan dengan prosedur yang benar. Jika tidak, akan mengakibatkan rusk pada software, sistem operasi dan bahkan hardware. Oleh karenanya pastikan temen-temen sudah mengetahui dulu bagian-bagian port yang terpasang komputer, agar komputer tersebut bisa digunakan dengan baik.
  1. Menghidupkan Komputer
    a. Cold Booting    : Komputer dinyalakan pada posisi masih dingin, artinya dinyalakan pada posisi mati.
    b. Warm Booting  : Komputer dinyalakan pada posisi panas, artinya komputer dinyalakan pada saat kondisi komputer sudah menyala, lalu dimatikan, kemudian dihidupkan kembali.

    A. Cold Booting
         1) Pertama, pastikan semua kabel-kabel komputer sudah terpasang dengan benar pada port I/ O masing-masing dan pada power supply.
         2) Hubungkan kabel dari power supply ke stopcontact.
         3) Hidupkan monitor.
         4) Tekan tombol power cpu.
         5) Tunggu proses booting tersebut hingga muncul tampilan dekstop.
    B. Warm Booting
         1) Shut down komputer.
         2) Mulai booting dari awal (cold booting) tersebut hingga muncul tampilan dekstop.
  2. Mematikan Komputer pada Windows 10
    a) Perhatikan bahwa pastikan semua program atau aplikasi yang antum gunakan sudah ditutup.
    b) Klik pada tombol start atau icon windows (biasanya letaknya berada pada sudut kiri bawah dari dekstop).
    c) Klik button/ icon power.
    d) Lalu akan muncul opsi (Sleep, Hibernate, Shut down dan Restart). Pilih Shut down
    e) Terakhir, tunggu hingga semuanya benar-benar mati.

B. PENJELASAN PERINTAH STAND BY, SLEEP, HIBERNATE, LOG OFF, SHUT DOWN DAN
     RESTART

  1. Stand by
    Untuk mengistirahatkan komputer, artinya komputer tidak dimatikan secara keseluruhan. Semua komponen komputer mati, kecuali RAM. Oleh karena itu, mode stand by masih menggunakan listrik untuk memberikan daya pada RAM.   hidup.
  2. Sleep
    Mode sleep ini digunakan untuk membuat komputer tertidur, artinya komputer menyimpan semua aktivitasnya didalam RAM dan berjalan dengan power yang sangat kecil (pada saat ini pun listrik yang digunakan relatif sedikit). Namun dalam kasus laptop, mode sleep bisa digunakan apabila komputer masih memiliki daya baterai.
  3. Hibernate
    Pada mode hibernate, komputer mati seperti halnya mode shut down. Namun letak perbedaannya ketika sebelum dimatikan (sebelum mengosongkan RAM), jadi isi memori atau RAM tersebut disalin ke hardisk terlebih dahulu, sehingga saat hendak dihidupkan kembali, tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena isi RAM tersebut posisinya sudah berada di hardisk. Dalam kasus lain, jadi misalnya antum membuka banyak aplikasi kemudian melakukan hibernate pada komputer, maka saat komputer dihidupkan kembali, aplikasi-aplikasi tersebut masih dalam keadaan terbuka seperti kondisi sebelumnya, sehingga tidak perlu khawatir kehilangan data.
  4. Log Off
    Hal ini digunakan ketika kita akan melakukan pergantian akun atau pengguna pada komputer. Jadi semisalnya didalam komputer tersebut memiliki 2 atau lebih user, kita bisa berpindah atau melakukan switch ke user lain dengan perintah Log Off.
  5. Shut down
    Perintah ini berfungsi untuk mematikan komputer secara keseluruhan, artinya dengan perintah ini komputer akan benar-benar mati, termasuk komponen komputer yang ada didalamnya, seperti RAM, Hardisk, Processor, dsb. Sehingga pada kondisi ini, aliran listrik itu kosong atau terputus.
  6. Restart
    Sesuai dengan namanya re-start, yaitu perintah untuk menghidupkan ulang. Jadi perintah ini digunakan untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya kembali secara otomatis.
Download Materi => Silahkan download

REFERENCES
https://www.teknomuslim.com/
https://blog.unnes.ac.id/
http://bradware.blogspot.com
https://dosenit.com/
https://www.4muda.com/
https://tekno.kompas.com/
https://obengplus.com/
https://starchau.blogspot.com/


Comments

Popular posts from this blog

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Jargon Daarut Tauhiid