Cara Memperbaiki Akhlak



بِسْمِ اللَّهِ, اَلْحَمْدُ للَّهِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kekuatan terbesar mengapa Rasulullah sukses dalam membina umat?., Rasulullah menggunakan beberapa metoda dan intinya adalah ketika ditanya dalam hadist imam ahmad mengapa rasulullah diutus kebumi?

"Sesungguhnya hamba diutus kebumi hanyalah untuk menyempurnakan kemuliaan ahklak"

Jadi rasulullah bersimpah darah agar kita semua  memiliki kesempurnaan akhlak. Kesempurnaan akhlak tidak hanya baik bersama manusia, akan tetapi kebaikannya dilandasi tauhiid lilahita'ala.

Sebagian sifat yang baik sebagai akhlak terpuji adalah sifat bawaan sejak lahir dan sebagiannya lagi diperoleh dengan jalan dilatih dan diusahakan dengan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, seseorang yang memiliki akhlak kurang terpuji bisa diubah dan juga diperbaiki, sebab jiwa manusia diciptakan sempurna atau lebih tepatnya dalam proses menjadi sempurna. Oleh karena itu, ia selalu terbuka dan mampu menerima usaha pembaruan serta perbaikan. Dan karena akhlak ini sangat bisa diubah, sehingga salah satu tujuan Rasulullah SAW diutus juga dalam rangka memperbaiki akhlak manusia yang sangat rusak di masa jahiliyah sehingga mereka pun bisa memiliki akhlak yang terpuji.

Adapun konsep yang bisa kita terapkan dalam memperbaiki akhlak yaitu salah satu diantaranya melalui 4 hal:

1. Rasulullah benar-benar memberikan keteladanan.

    Keteladanan inilah yang memberikan kekuatan karena keteladanan ini lebih bermakna dari jutaan         kata yang terucap namun tidak nampak dalam perbuatan. Teladan ini sama antara lisan, hati dan            sikapnya. Keteladanan menjadi kekuatan di dalam perubahan, karena teladan itu tidak hanya                didengar tapi disaksikan dan dirasakan oleh orang-orang sekitarnya.

2. Diklat, pendidikan supaya tahu, pelatihan supaya bisa dan pembinaan supaya terbiasa.

    Seorang pemimpin harus punya kemampuan mendidik agar orang lain tahu apa yang harus                     dilakukan dan harus punya kemampuan melatih supaya orang lain bisa melakukannya dan membina     supaya konsisten dan supaya terbiasa.

3. Sistem yang kondusif

    Lingkungan ini sangat membantu dalam perubahan, sudah berhasil di didik, di latih, di bina tapi            masuk kelingkungan yang buruk ini akan mudah merusak. Jadi jika kita tidak serius memilih                      lingkungan kita akan mudah terbawa oleh lingkungan.

4. Kekuatan ruhiyah, kekuatan ibadah dan do'a

   Karena yang bisa mengubah kita semua hanyalah Allah maka inti dari semua perubahan adalah               bagaimana kita menjadikan ibadah dan do'a saran untuk mendatangkan pertolongan Allah.

Mudah-mudahan ilmu yang sederhana ini mampu menjadi bahan renungan dan juga mampu untuk diimplementasikan bagi kita yang inginkan perbaikan dan perubahan, sehingga tercipta linkungan yang lebih baik lagi...,


Resume: Yose
https://www.facebook.com/KH.Abdullah.Gymnastiar/videos/352370228950684/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Jargon Daarut Tauhiid

Pemain Negeri 5 Menara