Dibalik Logo 75 Tahun Indonesia Maju

Assalamu’alaikum w.w.,
Selamat malam temen-temen…, Sebetulnya beberapa waktu lalu saya pengen banget bahas ini, soalnya beberapa waktu lalu saya melihat ada diskusi menarik waktu saya baca dari postingan salah satu temen di LinkedIn, yaitu terkait Logo 75 Indonesia Maju. Oke, sekarang baru sempat mengetik lagi, baik kali ini kita coba ulas sedikit terkait logo yang sedang hangat-hangatnya, padahal logo ini sudah dipublish dan diresmikan dari awal bulan 2020.

Ya, diawal memang penasaran dan sempat kaget, ga seperti biasanya Logo kemerdekaan yang biasanya dipublish dalam waktu dekat untuk diinformasikan, namun untuk ditahun 2020 ini luarbiasanya logo tersebut sudah dishare dan mulai diedarkan pertanggal 15 Januari 2020 berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan dari Menteri Sekretari Negera Republik Indonesia yang diunggah pada situs resmi https://www.setneg.go.id/.

Kalau penilaian awal logo tersebut memang terlihat sederhana, bentuknya berbeda dari logo-logo HUT sebelumnya. Pada logo 75 ini terlihat grid sekali, sehingga logo tersebut terlihat simple dan ini modern dan lebih profesional. Sebetulnya memang kalau dilihat logo pada umumnya, semisal kita biasa membuat sebuah logo yang simple, rapi, biasanya cara grid ini yang diambil, namun tidak mengapa kalau membuat sebuah logo tanpa grid pun sebetulnya ga masalah, sebab ini biasanya tergantung nyamannya seperti apa. 

Lanjut Kembali ke logo 75 ini, Ketika penilaian awal tadi adalah logo yang simple, ternyata setelah saya lihat filosofi dibalik logo 75 ini dan waw, uraian atau deskripsi terkait filosofinya pun sampai 88 lembar. Dan dari sana perspektif saya mulai berubah, hhe…, Jika dilihat logo ini tidak hanya bertuliskan angka 75 yang dibuat sesederhana itu, sebab saya pun banyak mendapatkan ilmu baru dari sini, selain bercerita tentang super graphic, logo ini pun memberikan pandangan lain dari pola yang digunakan, variasi warna dan pentingnya lagi adalah filosofi yang ada didalamnya. 

Desain logo ini denger-denger dapat info dibuat oleh oleh Mas Seto dari ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) Jakarta. Terimakasih telah memberikan yang terbaik untuk semua ini, dan juga untuk para desainer Indonesia lainnya mudah-mudahan hal ini bisa meningkatkan kreatifitas kita untuk terus berkarya, untuk Indonesia maju, Indonesia tercinta.

Baik, untuk lebih jelasnya bisa temen-temen lihat detail logonya dibawah ini, atau bisa download di link berikut ini: 75 Indonesia Maju


#75IndonesiaMaju
#IndonesiaMaju
#HUTRIke75
#HUT75


Comments

Popular posts from this blog

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Jargon Daarut Tauhiid