Perangkat Lunak (Software)

Bismillah…,

A. PENGERTIAN SOFTWARE
Secara harfiah software berarti piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.


B. FUNGSI SOFTWARE

Adapun fungsi software ini meliputi:
1.     Mengidentifikasi program.
2.     Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol.
3.     Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

C. JENIS - JENIS SOFTWARE
Secara umum software dapat dibagi menjadi :
1.     Sistem Operasi (Operating System)
2.     Alat Bantu (Utility)
3.     Bahasa Pemrograman
4.     Routines (user program)
5.     Application package (package programs)

D. SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)
1. Pengertian OS (Operating System)
Sistem operasi (operating system) merupakan bagian software yang sangat penting. Sistem operasi
dapat pula didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perangkat antara pemakai
komputer (user) dengan  perangkat keras (hardware).
2. Fungsi OS (Operating System)
a. Sebagai manajemen proses yang mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
b. Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
c. Sebagai manajemen data, yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran.
3. Macam Sistem Operasi (OS)
-    Microsoft Windows untuk Personal Computer (PC), yaitu: Windows 95, Windows XP, Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10.
-    OS/2, AIX, OS/390 untuk IBM.
-    MacOS untuk Apple Macintosh. yaitu: Rhapsody, Kodiak, CheetahPuma, Jaguar, Panther, Tiger, Leopard, Snow Leopard, Lion, Mountain Lion, Mavericks.
-    SunOS untuk Sun Computers.
-    Palm OS untuk PDA PalmPilot.
-    Microsoft Windows CE untuk Palmtop UNIX.
-    Linux: RedHat, Debian, Ubuntu, Mint, Fedora, SuSE, CentOs, Slackware, dll.

E. SOFTWARE ALAT BANTU (UTILITY)
Alat bantu (utility) merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa harddisk/ media penyimpanan yang rusak seperti Norton Utility, ataupun mengatur ulang isi harddisk (partisi, defragment). Software lainnya seperti Norton Utilities, Disk Optimizer, Diagnostik Test, PC Tools, Nero, Sisoft Sandra, Partition Magic, PC Cilin, McAfee, Norton Ghost, dll

F. SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN

Sistem software ini berfungsi sebagai pengatur komunikasi  antara komputer dengan peralatannya. Bahasa pemrograman merupakan software bahasa yang dipakai oleh para programmer (pembuat program/software) untuk menuliskan kumpulan-kumpulan  instruksi atau program.

Contoh Bahasa Pemrograman:
1. Pascal (mengambil nama Blaise Pascal)
2. ASSEMBLER, merupakan suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesin.
3. COBOL (Common Bussines Oriented Language), software ini digunakan untuk aplikasi komersil (bisnis).
4. FORTRAN (Formula Translator), digunakan untuk aplikasi ilmiah/teknik.
5. PL/I (Program Language One), software ini merupakan kombinasi COBOL dengan FORTRAN yang digunakan untuk aplikasi komersil maupun ilmiah.
6. C/C++
7. Java
8. PHP (PHP: Hypertext Prepocessor)
9. Ruby
10. SQL (Structured Query Language)
11. XML (Extensible Markup Language)
12. WML (Extensible Markup Language)
13. ColdFusion
14. Javascript
15. Visual Basic
16. ASP (Active Server Pages)
17. Julia
18. Rust
19. Go
20. Swift
21. Phyton
22. Kotlin

G. ROUTINES (USER PROGRAM)

Routines atau User Program merupakan program atau software yang dibuat oleh program dalam bahasa program untuk menyiapkan sistem aplikasi yang siap pakai dalam aplikasi tertentu dan dipakai berulang - ulang.
Sistem tersebut dapat berupa sistem
•     PAYROLL (daftar gaji/upah atau sistem penggajian)
•     INVENTORY (inventarisasi)
•     INVOICING (fakturisasi)
•     BILLING PROCEDURE (daftar/prosedur tagihan/rekening)
•     PERSONALIA (kepersonaliaan seperti data karyawan)
•     SECURITY (keamanan).

Saat ini software seperti ini banyak kita temukan dan dijual dipasaran antara lain : PrintShop, From Tool, Dac Easy Accounting, IUS Accounting plus series, MYOB dan sebagainya.

H. APPLICATION PACKAGES

Application Packages (Package Program) atau sering dikenal sebagai sofware aplikasi merupakan program-program yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk para user atau pengguna komputer yang beroperasi dalam bidang-bidang umum seperti penerbangan, asuransi, komunikasi, toko-toko, penerbitan, pedagang eceran, dan sebagainya.

1.    Sofware Aplikasi Grafis
Software ini banyak dimanfaatkan oleh para user yang biasanya bergerak dibidang desain grafis, terutama untuk menggambar dan pengolahan gambar atau foto.
Contoh software ini antara lain :
Freehand, Adobe Illustrator, Photo Editor, Image Processing/Design (Adobe Photoshop), CorelDRAW, Irfan View, Ulead Photoimpact, ArcShoft Photostudio, dan Microsoft Photodraw, dan sebagainya.

2.    Sofware Pengolah Kata
Software pengolah kata ini paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer baik disekolah, di kantor, bahkan dirumah. Software ini digunakan untuk mengetik surat, naskah, brosur dan dokumen lainnya. Sejak adanya software ini mesin ketik yang dulu biasa digunakan orang untuk mengetik surat maupun dokumen lainnya sudah jarang dipakai karena dianggap kurang efisien.

Contoh program pengolah kata, yaitu :
Word Processor (Microsoft Word, Lotus WordPro, Amipro, WordStar, Word Perfect, Notepad, Office Writer, dsb).

3.    Sofware Pengolah Angka (Spreadsheet)
Software pengolah angka merupakan software yang paling sering digunakan juga oleh para user, terutama untuk pengolahan data angka yang memerlukan berbagai macam penghitungan, pembuatan tabel, grafik, dan sebagainya.

Contoh program pengolah angka, yaitu :
Spreedsheet (Microsoft Excel, Lotus 123, Quattro Pro, Lotus Symphony, dan sebagainya).

4.    Sofware Penerbitan
Software penerbitan biasanya dimanfaatkan oleh para user yang bergerak dalam bidang penerbitan, seperti majalah, surat kabar, buku dan sebagainya. Software ini mampu menggambungkan tulisan dan gambar dengan berbagai desain yang menarik. Pada umumnya software penerbitan digunakan secara bersamaan dengan software aplikasi grafis.

Contoh software Publisher antara lain : Microsoft Publisher, Adobe InDesign, Ventura Publisher, QuarkXPress, dan sebagainya.

5.    Sofware Database
Software Database ini digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Data-data tersebut diorganisasikan dalam bentuk struktur data seperti field, record, character dan file. Software ini hampir mirip dengan software pengolah angka. Biasanya software ini digunakan untuk mengorganisir data-data karyawan dan perdagangan atau bisnis.

Contoh software ini antara lain : dBase, Microsoft Access, FoxPro, Statistik (ASP, SAS, SPSS, Microstat dan StatGraphic), dan sebagainya.

6.    Sofware Multimedia
Software multimedia ini juga paling sering dimanfaatkan oleh para user komputer terutama untuk keperluan presentasi yang banyak memanfaatkan animasi, suara (audio), maupun video. Melalui software ini, kita juga bisa mendengarkan musik, menonton film, mengedit film (film editing), gaming, hingga merekam suara.

Contoh software multimedia ini antara lain : Windows Media Player, iTunes, Real Player, Presentation (Microsoft Power Point, Lotus Freelance, Harvard Graphics, dan lain-lain), Blender, Adobe Premiere, Sony Vegas Pro, Ulead Video Studio, Camtasia dan sebagainya.

7.    Sofware Aplikasi Internet
Perangkat Lunak yang berhubungan dengan internet. Aplikasi internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client/user).
Contoh : Chrome, Yandex, Mozilla Firefox, Operamini, Microsoft Edge, Baidu Browser, dll.



Agar lebih memahami, silahkan download melalui link berikut:

Link Download => Materi

Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Jargon Daarut Tauhiid