Ketikan Pertama di Tahun 2020

Bismillah..., Ini adalah ketikan pertama pada Rabu, Januari tanggal 1 ditahun 2020.


Syukur Alhamdulillah segala puji bagi Allah, masih diberikan kesehatan untuk terus memperbaiki hidup. Begitu banyak pasang surut semangat di tahun lalu, suka duka yang dilalui. Banyak sekali hikmah yang terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja, yang diharapkan maupun yang tak sesuai dengan harapan, persoalan yang kecil maupun besar, luka yang sempat menjadi rapuh bahkan rasa gagal yang bisa kembali bangkit.

Saya percaya setiap orang memiliki garis kehidupan yang berbeda, yang telah Allah tuliskan dan siapkan. Dan saya percaya usaha tidak akan pernah memberikan kepahitan terhadap hasil yang akan diraih. Cita-cita, harapan maupun keinginan yang diusahakan, semua kegagalan ini adalah bentuk dari pemantapan diri dalam menggapai keimanan dan derajat yang lebih tinggi dimata Allah, karena yakin rencana Allah lebih baik.

Salah satu hikmah adalah ketika bagaimana saya benar-benar baru saja memahami konsep ikhlas, memaknai semua hal yang terjadi adalah hanya atas izin Allah. Pelajaran ini membekas dari salah seorang ust. Aagym, begitu banyak ilmu yang diberikan, diantaranya konsep hikmah dan ikhlas tadi. SSG-DT dan Nurul Huda memberikan sebuah kisah makna yang cukup dalam, yang membuat pemahaman agama ini merasa ingin terus bertambah dalam segi wawasan dan terutama iman. Konsep santri yang membuat respect terhadap kisahnya, hal ini pun saya dapatkan dari seorang penulis yang ia terbitkan pada rangkaian buku Trilogi 5 Menara, ialah Ahmad Fuadi. Sebuah kisah yang belum sama sekali dirasakan, namun hal tersebut mampu memberikan makna pemahaman walau dari sudut pandang yang berbeda.

Pernyataan sikap kadangkala terlihat sandiwara disaat kondisi sebenarnya berkeruh kesah, maka disinilah belajar dari kedewasaan. Bahwa sudah seharusnya apa yang dirasa tak perlu selalu ditampakan, yakin akan pertolongan Allah dan kehadiran-Nya. Teringat pula sebuah redaksi yang pernah disampaikan oleh ust. Adi Hidayat, bahwasannya didunia ini apabila kita Lelah, itu adalah hal wajar, karena memang tujuan kita disini adalah untuk ibadah, dan itu pasti ada tantangannya. Dan Allah telah menentukan yang terbaik untuk hambanya yang yakin dan berusaha, sebab kematian, rizki dan jodoh sudah Allah tentukan, dan pasti Allah akan berikan disaat yang tepat. Begitu pun statement yang pernah disampaikan oleh seorang ayah, semua adalah atas izin Allah…,

Tiada yang lebih indah yang dipanjatkan untuk dimohonkan kepada sang Kuasa selain doa. Mudah-mudahan Allah ampuni atas segala dosa yang telah berlalu, diterima segala amal ibadah yang dilakukan, dan senantiasa Allah terus bimbing menjadi pribadi yang lebih baik dan selamat dunia akhirat serta Mudah-mudahan Allah kabulkan atas segala mimpi cita-cita dan harapan kita,. Aamiin…,

#2020LebihBaik
#ManJaddaWaJada
#2020GapaiMimpi

Comments

Popular posts from this blog

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Jargon Daarut Tauhiid