Mari Kita Bersyukur

Nikmat itu baru bisa terasa saat kita bisa mensyukuri nikmat tersebut. Semua nikmat yang diberikan oleh Allah tidak bisa di hitung karena banyak sekali,  bahkan dalm otak saj ada banyak sekali sel yang berkeja setiap hati tanpa kita sadari. Tapi kita jarang mensyukurinya.

Jadi jika kita ingin bahagia dalam hidup ini, maka yang harus kita lakukan adalah mensyukuri nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita. Dan jika kita ingin Allah menambahakan karunia kepada kita kuncinya adalah dengan Syukur terhadap karunia yang telah kita dapat. Karena janji Allah ini bahwa Allah akan menambahkan nikmatnya jika kita bersyukur.  Jadi jangan takut kepada karunia yang belum ada tapi takutlah tidak bisa mensyukuri nikmat dan karunia yang sudah ada.

Karunia itu jadi kebaikan apabila kita dapat bersyukur, jadi jangan takut dalam menghadapi apapun tapi takutlah saat kita tidak bisa mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Syukur itu syaratnya ada 5, yaitu:
1. Hati harus yakin bahwa nikmat itu milik Allah,  tidak ada pemberi karunia selain Allah. Dan yang selain Allah itu hanya jalan saja.
2. Lisan selalu melafalkan Alhamdulilah,  senantiasa memuji Allah dalam kondisi apapun dan segala hal.
3.  Manfaatkan nikmat itu untuk mendapatkan nikmat dari Allah subhanahu Wa Ta'ala.
4.  Berterima kasih kepada orang yang menjadi jalan karunia kepada kita.
5. Menampakan nikmat dan karunia itu boleh, asal jangan riya.  Karena jika riya menampakan sesuatu karena dia ingin dipuji orang, jika menampakan karunia itu karena ingin dipuji oleh Allah dan agar orang ingat kepada Allah.

Jangan lupa kita menderita kita kurang bersyukur, bersyukurlah selalu karena dengan bersyukur lah kita akan di tambah karunia oleh Allah, dan mudah mudahan kita bis menjadi orang yang senantiasa bersyukur. Semoga Allah yang maha mendengar, maha tahu semua isi hati kita, menggolongkan kita menjadi ahlul yakin kepada Allah, yakin terhadap nikmat yang Allah berikan.

Otak ini dirancang oleh Allah untuk senantiasa berpikir, termasuk saat kita Shalat selama Shalat pikiran bisa kemana-mana yang membuat Shalatnya tidak khusyuk. Begitupula dengan kehidapan sehari-hari otak kita berpikir kemana-mana tidak terkendali sehingga perbuatan kita kurang baik akibat pikiran yang tidak terkelola, terkendali, dan tidak dibimbing oleh Allah, itu merupakan contoh sederhana betapa sombongnya kita terhadap nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita..

Lalu apa saja yang harus kita pikirkan dalam hidup ini agar pikiran kita tertata, menurut imam ibnu Qoyyim ada 5 yang utama:

1. Pikiran kita harus banyak mentafakuri, mentadaburi Al-Qur'an.

2. Pikiran kita harus banyak mentafakuri tentang penciptaan langit, bumi dan isinya.


إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ لَءَايَٰتٍ لِّأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ ﴿١٩٠﴾ ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ ﴿١٩١﴾

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka."
(Q.S Ali-Imran 190-191)

3. Pikiran kita harus banyak mentafakuri nikmat yang Allah beri.

4. Pikiran kita harus banyak mentafakuri Dosa yang sudah kita lakukan.

5. Pikiran kita harus banyak mentafakuri waktu yang sudah berlalu dipakai untuk apa saja.

Ayoo sahabat kita harus serius mengevaluasi cara berpikir kita karena ini menentukan prilaku dan amal kita serta menjadikan diri pribadi yang lebih baik. Aamiin Ya Robb'al alamin.

Kajian: KH. Abdullah gymnastiar
For more details, you can watch it here!
https://www.facebook.com/KH.Abdullah.Gymnastiar/videos/543159556174878/

#SyukurNikmatAllah
#AllahuAkbar
#YakinAdaAllah

Comments

Popular posts from this blog

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Jargon Daarut Tauhiid