Anak IT Sering Begadang Karena Deadline?…,


Aktivitas Mahasiswa beraneka ragam ternyata, ada yang kelihatannya nyantai disaat mahasiswa lain sedang sibuk, ada yang selalu terlihat sibuk dimanapun dan kapanpun, ada juga yang biasa – biasa saja enjoy menikmati hidup dan ada pula yang rajin, namun kalau untuk rajin ini sebetulnya jarang sih dan bisa dihitung malah, apalagi kalau dilingkungan teknik.  Lebih tepatnya si para mahasiswa akan terlihat rajin mendadak bilamana mendekati deadline, atau ketika besoknya ada quis, uts atau uas, dan sisanya mereka menjalani hari – hari dengan alakadarnya.

Ya, keren ga keren sih sebenarnya, mereka bisa tiba- tiba express dari biasanya. namun alangkah lebih kerennya lagi pola tersebut bisa diperbaiki sebagai bahan evaluasi biar lebih termanage kedepannya. Tapi ya…, namanya juga mahasiswa…, dulu juga gitu, malah hingga sekarang terkadang masih kayak gitu., wk…,

Walau deadline tugas ini seringkali dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa, namun saking deadlinenya ntah kenapa kalau anak IT bisa dibilang ga perlu pusing dan malah enjoy aja, yang penting tugasnya beres. Walau ia harus terus begadang setiap hari, dan bahkan dihari terakhirnya ia sampai shubuh standby depan layar komputer, mereka pada akhirnya bisa selesai juga. Dan disaat orang – orang terbangun dikala aktivitasnya disiang hari, bagi mahasiswa ini saat itulah waktu yang digunakan untuk beristirahat. Dan kadang itu baru satu tugas project, belum lagi project lainnya yang perlu diselesaikan di bulan yang sama, pekan yang sama, dan malah di hari yang sama pula, gila…, itulah yang sering dialami mereka.



Sebetulnya kenapa ya mereka bisa demikian? Kalau terus-terusan begadang apa ga ganggu aktivitas kegiatan belajar mengajar mereka?
  1. Sebenarnya ga mau juga sih, kalau terus-terusan begadang setiap minggu bahkan lebih dari itu, tapi ya mau gimana lagi, sepertinya tagline bukan anak teknik namanya kalau ga begadang itu sudah memang tanpa disadari memang sangat dirasakan, karena situasi itulah yang membuatnya seperti itu. Mungkin ini beberapa alasannya kenapa anak teknik, termasuk anak IT sering begadang:Karena ntah kenapa suasana malam memang membuat otak kita terasa lebih aktif dibanding siang hari, hal ini didukung karena suasana malam menciptakan suasana hening tidak ada gangguan apapun. Dengan demikian, hal tersebut lebih cocok digunakan untuk mengerjakan tugas laporan atau matakuliah lainnya lantaran deadline sudah didepan mata dan tidak ada toleransi lagi tugas dosen diberikan jadi ya mau gimana lagi.
  2. Terlebih dari itu biasanya anak IT suka dijadikan bahan projekan para orang – orang, baik itu diorganisasi ataupun komunitas lainnya, sehingga mereka gunakan waktu istirahatnya untuk project tersebut, sekalinyapun project tersebut biasanya mereka harus dipakasa mengerjakan pekerjaan seperti ngoding, desain, ngedit, dan lain sebagainya. Parah? Ya., nikmati aja kali ya…,
  3. Selain digunakan untuk mengerjakan tugas, terkadang rata – rata mereka menggunakan malam hari untuk bermain game yang digunakan sebagai hiburan mereka hingga larut malam hari, bahkan tak jarang mereka habiskan hingga shubuh pula, mungkin balas dendam dari sejumlah project yang sering dihadapi. Hha.., 
  4. Ditambah pula mereka yang akrab dengan media sosial, hal ini yang membuat mereka tak terasa menghabiskannya dengan smartphone mereka, sehingga waktu istirahat mereka tersita.

Itulah beberapa alasan kali ya, diantara banyak alasan berdasar pengalaman. Dan perlu diperhatikan bahwa, se sering- seringnya begadang, ingat pula istirahat, karena tubuh kita bukanlah mesin yang bisa terus aktif dan tiada capeknya tiada henti dan sebenarnya mesin juga adakalanya Batasan maksimal yang dilakukan juga, jadi tak selamanya bisa bekerja optimal.

Sedikit tips dikala begadang, minimal selalu hidangkan air minum yang cukup agar bisa menyeimbangkan kinerja otak kita yang sedang bekerja, dan biasanya sering ditemani kopi, tapi usahakanlah agar tidak berlebih dalam mengkonsumsinya, kemudian regangkan tubuh sesekali atau beberapa menit sekali dan selalu ganti posisi dikala waktu tertentu, terakhir bila memungkinkan sempatkan waktu untuk bermunajat atau menggunakan waktu sebentar untuk bermuhasabah diri dengan ibadah apapun itu. Itu kiranya lebih baik agar kita tetap fresh dalam menjalani hari – hari esoknya. Bila ada tambahan dari temen- temen, dengan senang hati silahkah bisa tambahkan …,

#AnakIT
#AnakTeknikInformatika

Comments

Popular posts from this blog

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Jargon Daarut Tauhiid