Rihlah Trijaya bersama Al-Kahfi


Ahad, 30 Maret 2019. Berbagai macam kegiatan yang dilakukan dan direncanakan oleh orang – orang dihari libur ini. Maka biasakanlah agar selalu berkegiatan positif untuk mendapatkan keberkahan-Nya. Melakukan sebuah kegiatan yang sifatnya have fun bersama orang – orang yang shaleh merupakan sebuah ketenangan tersendiri bagi seseorang yang merasakannya. Dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi kekeluargaan serta ukhuwah antara satu sama lain, dilakukan sebuah pertemuan untuk bisa sharing dan rihlah bareng bersama murrobi dan pengurus di sebuah tempat yang bernama Trijaya, yang merupakan alam terbuka yang bisa mengingatkan kita atas sang Maha Pencipta.

Main bareng bersama murobbi ini merupakan agenda pertama yang dilakukan yang memberikan keseruan yang luar biasa, Terdapat banyak hikmah yang kita temukan dikala kita bersama orang – orang yang luar biasa memang. Kita tidak hanya mendapat sebuah pelajaran dari sebuah masalah yang kita hadapi, tapi disamping itu kita pula dapat memahaminya dari segala bentuk sudut pandang yang berbeda dari suatu kejadian atau sebuah permainan sekalipun yang bisa kita ambil hikmahnya.

Diantara games yang memberikan hikmah tersebut diantaranya adalah:
  1. Permainan Jatuh, Hal ini dilakukan seseorang yang dengan sengaja menjatuhkan diri dari suatu ketinggian dengan memposisikan kearah teman – temannya belakang. Hal ini memberikan pelajaran bahwasannya seberapa besar rasa kepercayaan kita terhadap teman yang dibelakang kita bahwa mereka siap akan menangkap kita ketika kita terjatuh. Sebetulnya jika kita percaya kepada diri kita dan atau teman kita maka kita tidak akan berpikir panjang dan ragu – ragu untuk melakukan hal itu. Jadi pointnya adalah percaya dan selalu ber-huznudzon terhadap segalanya. Dalam hal itu jika kita percaya terhadap Allah maka kita pun yakin kita akan selamat dan tidak akan jatuh ke tanah. 
  2. Kereta Balon, Seseorang yang mengintruksikan kepada kereta yang disusun dari sekelompok teman lainnya yang berdempetan dan disetiap dempetan diberikan balon untuk dijepitkan ke tubuh teman lainnya, dan anggap balon tersebut adalah penumpangnya. Sehingga tugasnya adalah menjaga balon tersebut bagaimana caranya agar balon tersebut bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan utuh. Hal ini memberikan pelajaran bagaimana kita memimpin dan dipimpin. Seorang pemimpin harus bisa melihat medan dari segala arah yang sedang dihadapi demi keselamatan dan tercapainya tujuan bersama hingga yang diharapkan. Dan sekelompok orang yang dipimpin harus memiliki kerjasama tim dan selalu focus terhadap apa yang diintruksikan dalam menjalankan sebuah amanah/ tugas, sebab ketika disalah satu orang mengabaikannya maka kereta balon disana pun akan terjadi sebuah kecelakaan dan itu artinya pencapaianpun akan terhambat bahkan tidak tercapai.
  3. Tebak Kata, Sebagian besar orang pasti mengetahui hal ini. Menebak kata yang ditebak yang tidak memberikan clue apapun sebelumnya. Dan ketika berlangsung dari tim hanya boleh memberikan clue dengan jawaban Ya, Tidak dan Bisa Jadi. Hal ini memberikan pelajaran kepada kita semua untuk menjadi generasi muslim yang cerdas dan bisa berpikir luas ke segala aspek agar mampu untuk berkontribusi didalamnya.

Diantara hal tersebut masih banyak hikmah yang didapat, terlebih ketika kita bersama dengan orang – orang yang Allah cintai. Hal ini dirasakan lebih ketika diberkahi turunnya hujan pada saat itu Keep positive terhadap apa yang dilakukan, tetap focus dalam setiap tujuan baik, karena itu akan memberikan sebuah makna dan keberkahan yang lebih yang didapatkan.

#LDKMain
#RihlahLDK
#MainSeru

Comments

Popular posts from this blog

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Katanya Anak IT!