Anak Muda, Pemilu dan Masa Depan Bangsa Indonesia

Putra putri bangsa merupakan asset negara suatu bangsa. Negara Indonesia yang kaya akan alam, suku dan budaya yang begitu besar perlu kita jaga dan lestarikan.Indonesia memiliki berjuta anak muda yang luar biasa yang bisa meningkatkan kekuatan pertumbuhan ekonomi serta pertahanan bangsa dan negara. Regenerasi ini diciptakan untuk memperbaiki masa lalu yang sudah rusak dan perlu adanya perbaikan. Oleh karenanya kita harus mampu berpikir kritis memiliki akal sehat untuk bisa berkontribusi dalam menyongsong masa depan bangsa Indonesia.

Sabtu – Ahad tanggal 30-31 Maret 2019 merupakan moment terselenggaranya sebuah gerakan masal yang dilakukan oleh pemuda disetiap titik daerahnya. Gerakan Shubuh Jemaah Nasional yang merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap bulannya berdasarkan arahan dari Pusat Komunikasi Nasional untuk menyelenggarakan disejumlah titik daerahnya agar bangsa Indonesia mampu memilihara akhlak dan budi pekerti pemuda pemudi yang baik. Malam tadi secara garis besar membahas terkait pemilu yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Begitu ramainya media social saat ini yang penuh digandrungi oleh colehan para netizen dari kubu satu maupun dua, ada yang menghujat dan ada juga yang menghakimi. Sebagai generasi muda yang berakal sehat mari kita ciptakan suasana politik ini dengan memberikan nuansa yang nyaman damai dan penuh dengan ketenangan saling menghargai antara satu sama lain.


Tahun 2019 ini merupakan pesta rakyat sebab pada 17 April nanti akan dilaksanakannya 5 pemilihan sekaligus secara bersamaan, diantaranya adalah: Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kota.



Terdapat Ketentuan Surat Suara Bagi Pemilih Yang Pindah TPS (DPTb), adalah sebagai berikut:

  1. Jika orang tersebut (Pindah memilih antar Kecamatan pada Daerah Pemilihan yang sama dalam satu Kabupaten/ Kota), maka 5 surat suara yang diterima (Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu DPR RI, Pemilu DPD RI, Pemilu DPRD Provinsi, Pemilu DPRD Kabupaten/ Kota).
  2. Jika orang tersebut (Pindah memilih antar Kecamatan pada Daerah Pemilih yang berbeda dalam satu Kabupaten/ Kota), maka 4 surat suara yang diterima (Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu DPR RI, Pemilu DPD RI, Pemilu DPRD Provinsi).
  3. Jika orang tersebut (Pindah memilih antar Kabupaten/ Kota pada Daerah Pemilihan yang sama dalam satu Provinsi), maka 4 surat suara yang diterima (Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu DPR RI, Pemilu DPD RI, Pemilu DPRD Provinsi).
  4. Jika orang tersebut (Pindah memilih antar Kabupaten/ Kota pada Daerah Pemilihan yang berbeda dalam satu Provinsi), maka 2 surat suara yang diterima (Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilu DPD RI.
  5. Jika orang tersebut (Pindah memilih antar Provinsi dan ke Luar Negeri), maka 1 surat suara yang diterima (Pemilu Presiden dan Wakil Presiden).
Adapun alasan pindah memilih, jika:
  1. Menjalankan tugas pada saat pemungutan suara.
  2. Menjalani rawaat inap di rumah sakit atau puskesmas dan keluarga yang mendampingi.
  3. Penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti social/ panti rehabilitasi.
  4. Menjalani rehabilitas narkoba
  5. Menjadi tahanan di rumah tahanan atau Lembaga permasyarakatan, atau terpidana yang sedang menjalani hukuman penjara atau kurungan.
  6. Tugas belajar/ menempuh Pendidikan menengah atau tinggi.
  7. Pindah domisili.
  8. Tertimpa bencana alam, dan atau
  9. Bekerja diluar domisilinya.
Untuk itu, marilah kita gunakan hak pilih kita dengan baik dan bijaksana. Sebagai warga negara yang baik harus bisa menentukan kemana arah masa depan bangsa ini. Pilihlah sesuai dengan hati Nurani kita semua, sebab apa yang kita pilih itu sangat berpengaruh untuk kedepannya.Jika yang kita pilih itu menang kemudian melakukan segala bentuk kebagikan maka kitapun ikut terbawa dalam pahala kebaikanya, namun sangat bahaya apabila yang kita pilih kemudian melakukan segala bentuk kebijakan yang menjauhkan dari keberkahan Allah maka akan terbawa pula dosanya. So, gunakan hak pilih antum dengan baik dan bijaksana. Mudah- mudahan Allah senantiasa memberikan pencerahan kepada kita semua. Aamiin...,

*Sumber: PKPU No. 37 Tahun 2018

FsldkNasional

Comments

Popular posts from this blog

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Jargon Daarut Tauhiid