Sikap Pemimpin dan Seorang yang di Pimpin dalam Menghadapi Tantangan di Zaman Milenial




Dalam hidup ini menjadi seorang pemimpin bukanlah sesuatu hal yang mudah, dan bukanlah persoalan yang sulit. Karena pada dasarnya semua itu bergantung bagaimana sikap seseorang dalam menyikapinya. Dan tujuan seorang pemimpin adalah bukan sekedar agar bisa dikenal, disukai atau diterima oleh banyak orang. Tapi disini, fokusnya adalah bagaimana cara agar menjadi seseorang yang amanah, mampu mengambil sebuah keputusan dengan benar dan menunaikannya dengan baik.

Berbicara sikap pemimpin dan seorang yang dipimpin, kita sepakat bahwa Rasulullah SAW merupakah contoh panutan utama dalam kehidupan kita, dalam segi kepemimpinan, akhlak, dan kemaslahatan hidup dunia dan akhirat, beliaulah seorang Rahmatan lil ‘Alamin. Dalam kategorinya, terdapat banyak jiwa seorang pemimpin yang tampak bisa dilihat dalam kehidupan, misalnya pemimpin di masyarakat, bisnis ataupun pemerintahan.

Di Era Milenial saat ini, prioritas pemahaman teknologi itulah yang sangat penting. Mengapa? Disana kita sebagai pengendali, yang dapat mengarahkan, memberikan contoh dan mengubah karakter yang lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

Pertumbuhan dunia IT saat ini sudah semakin meningkat, hal ini dilihat dari jumlah pemakainya semakin banyak, contoh kecil tersebut adalah smartphone. Dunia teknologi informasi sudah sangat berpengaruh besar terhadap masyarakat, terutama adalah media sosial. Media sosial merupakan sebuah layanan aplikasi yang memberikan kemudahan seorang pengguna dalam berkomunikasi, yang bisa digunakan oleh banyak orang. Dari contoh media social tersebut kita kenal diantaranya adalah Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, WhatsApps dan masih banyak lagi. 

Terdapat banyak sisi positif dan negative dari penggunaan media social ini. Pada sisi positifnya seseorang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan yang lainnya tanpa dibatasi dengan jarak dan waktu, sehingga hal tersebut memudahkan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi yang bisa dijadikan sebagai media atau alat untuk saling sapa/ silaturahim maupun digunakan untuk media bisnis. Namun, disisi negatifnya adalah dengan adanya layanan tersebut, terkadang hal itu membuat kita lupa dan tak sadar bahwasannya teknologi ini bisa memicu hubungan komunikasi yang buruk yaitu mendekatkan yang jauh dan bahkan menjauhkan yang dekat. Selain itu, sekarang ini banyak sekali media social yang digunakan sebagai alat untuk mengedarkan informasi/ berita yang yang sifatnya palsu atau hoax dan bahkan digunakan sebagai alat untuk menjudge pihak tertentu, sehingga hal itu dapat membuat perpecahan.

Dari tantangan itulah sudah seharusnya bagaimana cara seorang pemimpin untuk bisa berpikir mengatasi persoalan tersebut. Yaitu dengan cara berpikir kritis yang mampu memberikan perubahan dalam bentuk hal yang positif dengan cara memanfaatkan teknologi dan membangun sebuah inovasi baru di era milenial saat ini.

Era milenial saat ini sangat erat kaitannya dengan teknologi, terutama kalangan usia muda yang memiliki eksistensi tinggi terhadap perubahan baru. Oleh karena itu, menjadi seorang pemimpin yang visioner, melek terhadap dunia teknologi informasi dan mampu menyesuaikan perubahan dengan mengikuti trendi, dengan cara itulah yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin untuk memberikan pemahaman sikap dan contoh yang baik terhadap oranglain maupun masyarakat. 

Dan perlu kita ketahui bahwa keberhasilan seorang pemimpin dilihat dari bagaimana dia menyikapi terhadap suatu permasalahan, menghargai pendapat oranglain, saling menghargai, dan bijak dalam pengambilan keputusan. Ketika seseorang menjadi seorang pemimpin, dia pasti pernah merasakan bagaimana ia di pimpin. karena dari sanalah dia telah mengalami banyak pelajaran berharga, penuh perjuangan, berusaha tanpa patah semangat dan mengetahui apa yang harus segera dilakukan dengan tujuan menggapai sebuah keberhasilan yang diperoleh dari ridho-Nya agar bisa dinikmati bersama serta memberikan manfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Comments

Popular posts from this blog

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Jargon Daarut Tauhiid