Lakukan Ini Jika ada Orang Yang Tidak Suka Terhadap Kita



Semoga Allah menggolongkan kita menjadi hamba yang pemaaf, dan suka mendoakan ampunan bagi orang lain, karena itulah akhlak yg di contohkan dalam islam.

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَآ إِلَى ٱللَّهِ وَعَمِلَ صَٰلِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ(33)وَلَا تَسْتَوِى ٱلْحَسَنَةُ وَلَا ٱلسَّيِّئَةُ ۚ ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌ(34)وَمَا يُلَقَّىٰهَآ إِلَّا ٱلَّذِينَ صَبَرُوا۟ وَمَا يُلَقَّىٰهَآ إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ(35

33."Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata, "Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)?".

34."Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia".

_35."Dan (sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar".

 (QS Fusilat 33-35)

Dari hal tersebut terdapat sebuah keutamaan yang apabila kita lakukan itu lebih baik dari pada kita mengikuti dengan hawa nafsu yang tidak seharusnya kita lakukan. Dalam konteks ini apabila ada seseorang yang tidak menyukai kita, karena terkadang akan ada saja orang-orang yang berbuat tidak baik kepada kita. Kita bisa memilih 3 hal, yakni:

1. Kita balas dengan sesuatu yg sama
2. Kita biarkan, atau
3. Kita lakukan sesuatu yang lebih baik.

Dan sifat ini hanya diberikan oleh Allah kepada orang yang sabar dan orang yang memiliki keberuntungan yang besar.
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلْقَلْبِ لَٱنفَضُّوا۟ مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَٱعْفُ عَنْهُمْ وَٱسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى ٱلْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُتَوَكِّلِينَ(159)

"Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawaralah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.
 (QS Ali Imron 159)

Ciri orang yang sabar itu orang yang bisa menahan diri dan mengendalikan diri dari kemarahan, kedendaman, kebencian yang tidak pada tempatnya. Dan kita saksikan, video hikmah dari seorang mukmin farid Ahmed yang memaafkan teroris pembunuh istrinya adalah karunia Allah yang sangat besar, tiada Allah memberikan karunia seperti itu, bisa berbuat baik kepada orang yang bersikap buruk kecuali kepada orang yang sabar dan orang yang memiliki keberuntungan yang besar.

Keinginan pembunuh ini adalah, umat islam marah dan umat  islam melakukan pembalasan dan akibatnya di keluarkan dari negara-negara, jadi keinginannya di balas dengan kemarahan. Akan tetapi  Allah menunjukkan  kemuliaan sikap.

Bagaimana seseorang bisa menghadapi ini:

 1. Meyakini tidak ada kejadian yang sia-sia.
مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۗ وَمَن يُؤْمِنۢ بِٱللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُۥ ۚ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيم(11)ٌ

"Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barang siapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
 (QS At Taghabun 11)

2. Orang beriman tahu bahwa setiap musibah pasti ada kebaikan, karena Allah tidak pernah berbuat buruk, walaupun tidak sesuai keinginan kita, tapi Allah senantiasa berbuat baik, tidak ada berbuatan yang dzolim.

Setiap musibah terjadi dengan izin Allah dan ada kebaikan, barang siapa yg ridho dengan perbuatan dan takdir Allah maka Allah ridho dengan dirinya. Yakin juga pertolongan Allah pasti ada, di setiap kesulitan pasti ada pertolongan Allah. Tidak ada kepahitan yg buruk bagi orang beriman jika setiap kejadian disikapi dengan benar.


Penceramah: KH. Abdullah Gymnastiar
For more details, you can watch it here!
https://youtu.be/n9WUQSIyeVw
#KeepPositiveThinking
#BeYourSelf

Comments

Popular posts from this blog

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Mungkin Kita Pernah Kecewa?

Jargon Daarut Tauhiid