BPJS vs bukan BPJS, Mengapa pelayanan begitu dibedakan?

Pada akhir- akhir ini sebuah program pemerintah telah memberikan sebuah pelayanan kesehatan yang biasa di sebut dengan bpjs. BPJS sendiri merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Dari kepanjangan ini pun kita dapat mendefinisikan bahwa hal ini merupakan suatu program pemerintah yang dilakukan untuk membantu masyarakat/ warga negara yang sakit bisa mendapatkan pelayanan yang semestinya. Dengan adanya program ini pelayanan tersebut bisa dilakukan pemeriksaan terhadap pasien secara gratis atau tidak berbayar.
Lain halnya, apabila umum ini sama halnya mendapatkan pemeriksaan, namun berbayar...,
Sebenarnya bpjs atau tidak, harusnya mendapatkan pelayanan yang terbaik dan memuaskan kepada pasien. Akan tetapi, pada kenyataannya sebagian rumah sakit atau rumah kesehatan lainnya hal ini dilakukan sebaliknya. Sore tadi ade gwa diperiksa disalah satu rumah khusus mata, dengan sengaja memakai kartu bpjs. Dengan kiraan awal akan dilakukan pemeriksaan yang berbeda dengan yang biasa dilakukan oleh kacamata keliling, namun ternyata disini tak jauh beda dengan kacamata keliling tersebut. Yaitu hanya diperiksa dengan tes mata untuk melihat dari jarak tertentu, dan tidak lama kemudian kenghadapkan mata ke sebuah teropong untuk di cek oleh dokter, dan setelah itu selesai.
Hal ini sungguh berbeda dengan pengalaman gwa waktu stahun kemarin yang diperiksa dengan lokasi yang sama, yang membedakan gwa pake bpjs, hal ini dilakukan melalui beberapa steps. Seperti, disuruh baca tulisan dari layar dengan jarak tertentu, diberikan sebuah tetesan cairan ke mata dengan skitar 2-3 jenis botol (gwa sdkt lupa), setelah itu gwa disuruh baca tulisan yang ada dilayar lagi, dan tak lama kemudian gwa disuruh menghadap ke dokter, dan gwa disuruh mengarahkan mata gwa ke sebuah teropong untuk di cek oleh dokter, lalu si dokter mencolek- colek mata gwa melalui sebuah alat ke bagian mata, dan setelah itu baru selesai, disuruh nunggu untuk pembayaran dan pengambilan vitamin.
Yang bikin aneh adalah, kenapa pelayanan dari semua ini sungguh berbeda jauh..., sehingga yang memakai bpjs seolahbtidak puas terhadap pelayanan yang diberikan..., lalu apa fungsi utama bpjs itu sendiri apabila pelayanan yang diberikan tidak maksimal?.,
Hduh..., ada- ada saja...,

Comments

Popular posts from this blog

Film Negeri 5 Menara Full Series 2019

Katanya Anak IT!

Jargon Daarut Tauhiid